Penyakit Tipes dan Perawatannya

Demam tifoid atau penyakit tipes terjadi pada anak-anak di beberapa bagian di dunia.

Penyakit ini disebabkan oleh organisme bakteri, Salmonella typhii. Bakteri ini ada pada makanan yang terkontaminasi, susu, sayuran atau air yang belum direbus. Lalat rumah membawa infeksi dari urin atau tinja penderita atau pembawa penyaki ini dengan cara menempel ke peralatan makanan sehingga menyebabkan orang lain terinfeksi. Jangan membiarkan anak membeli es krim, dan sebagainya yang di jual di warung-warung tanpa memperhatikan kebersihannya. Hal yang sama juga berlaku untuk es krim yang dijual di tempat lain.

Kejadian tipes yang tertinggi terjadi di musim panas dan hujan ketika populasi lalat paling banyak.

Anak akan mengalami demam ringan hingga demam berat, biasanya sekitar 102 derajat Fahrenheit. Demam ini tetap terjadi meskipun penderita sudah diberikan antipiretik. Selera makan hilang atau berkurang, lidah terasa kaku, mengantuk (istilah “tifoid” berarti kehilangan sedikit kesadaran) dan anak terlihat sakit dan toksik. Sakit kepala, muntah, sakit perut dan distensi serta anemia adalah hal yang biasa muncul. Tidak seperti orang dewasa, tifoid pada anak biasanya mengakibatkan diare ringan dan bukan konstipasi.

Ketika dokter memberikan resep obat yang harus dikonsumsi sesuai petunjuk, jangan panik ketika demamnya tidak segera turun. Sebagai respons normal, obat itu akan membutuhkan beberapa hari untuk bekerja. Jangan lupa memperhatikan makanan Anak. Mereka harus tetap diberikan makanan semi-padat atau makanan padat. Mereka lebih menyukai makanan lembut seperti pisang, mangga, yoghurt, susu, dan telur untuk memulainya. Berikan jus dan sup tapi jangan hanya mementingkan cairan dalam makanan itu. Yag dibuuhkananak yang sedang sakit ini adalah makanan normal termasuk daging, lebih baik jika diberikan sejak awal.

Perawatan Tipus

1. Harus berobat tuntas, dalam artian, pada saat sakit, harus istirahat total, makan makanan yang lunak, dan antibiotik yang diberikan dokter dihabiskan, sampai 7 hari bebas demam. Dengan cara demikian, semoga hampir semua bakteri mati, dan sisa bakteri yang masih hidup dapat diatasi oleh sistem kekebalan tubuh.

2. Jangan makan makanan yang kurang sehat dan bersih, karena kemungkinan tipus dapat menyerang kembali.

3. Daya tahan tubuh juga harus ditingkatkan, seperti gizi yg baik, tidur 7-8 jam sehari, olah raga secara teratur 3- 4 kali seminggu selama 1 jam.

4. Bagi orang yang pernah mengalami penyakit tipus sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang sangat melelahkan. Karena akan lebih mudah kambuh kembali daripada orang yang sama sekali belum menderita tipus.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Tipes Untuk Mengobati Penyakit Tipes, Antibiotik, Meningkatkan Kekebalan Tubuh Sekaligus Meredakan Gejala-Gejala Yang Menyertainya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *